Sabtu, 14 Juni 2014

Job Seeker Mania - PT. Djarum (Hanya untuk dirasa)

     Hola Mi Amigo ! Long time no post......

     Kali ini mau sedikit cerita soal proses pencarian "My First Job" yang udah lama ga gw terusin. Setelah kegagalan di PT. Paragon a.k.a Wardah, gw dapet telpon untuk undangan Psikotest oleh salah satu perusahaan rokok terkemuka di Indonesia, sebut saja PT. Djarum.


Pertama-tama gw ditelpon sekitaran awal September 2013 dan diundang untung psikoest lusa, iya lusa dihitung dari hari dimana yang konon katanya si mas-mas Djarum ini nelpon gw. I Said NOOOO,soalnye saat itu gw lagi nunggu wisuda dan juga posisi lagi di surabaya.

     Eh iya lupa...soal menyoal judul postingannya. "(Hanya untuk dirasa)", gw salah satu fanatik si "Super Fine Clove"
yg kata sebagian orang tuh baunya kaga enak, but so far, my smelling si very very well aje kayanye.

      Skip cerita sampe hari H dimana gw meng-IYA-kan ajakan mas-mas Djarum buat psikotest, gw lupa tanggal tepatnya tapi yg jelas gw udah meng-IYA-kan si mas2 djarum tersebut.  Tempatnya di slipi, kalo dari lebak bulus tinggal naek 102 aja yang arah Tanah Abang terus turun di RS.Pelni, lanjut jalan kaki kalo ga ojek juga bisa, cari aja alamat yang udah disepakatin sama mas-mas djarumnya, kalo gw sih di Jl. Aipda KS. Tubun no 57, disitu djarum punya beberapa kantor(kalo ga salah sih 3) dan yang biasanya buat psikotest itu di nomer 57, diujung jalan tepatnya.
Kartu Peserta Tes - Jakarta

      Gw kira cuma gw doang yang diundang psikotest, tapi emang gw orang pertama yg dateng,janji jam 9 gw dateng jam setengah 8,how cool I am :)). Ga lama nunggu ketemu adek kelas angkatan 2009 yg juga dapet undangan buat psikotest, tapi doi bukan ke PT. Djarum nya tapi ke GDP venture kalo ga salah, kantor yang isinya banyak anak TOKI(Tim Olimpiade Komputer Indonesia), keren ya...hehe.

      Selang beberapa lama datang lah para pejuang PT. Djarum, setelah gw akumulasi dan ingat2 sekitaran 20an orang sih sampe. Diminta masuk ke ruangan yg gw lupa namanya dan nunggu sampe waktu psikotest tiba. Tes pertama itu psikotest biasa yang isinya kaya aritmatik, makna kata dll. Terus ditambah tes gambar yg ada beberapa kotak+gambar pohon+gambar orang lengkap diminta sebutkan usia, jenis kelamin dan sedang melakukan apa. Oh iya ada tes pauli juga yg bikin gempr tangan, intinya bukan banyak banyakan isi, tapi yg dilihat tuh kita konsisten isi lembar tes pauli nya.
Kamar Mandi PT. Djarum - Ada Asbaknya memfasilitasi kebutuhan umat

      Setelah selesai mas2 sama mba2 djarum bilang, "untuk yang namanya disebut jangan pulang dulu", waktu udah nunjukin jam 11.30an pada waktiu itu. Ternyata yang namanya disebut itu yang asalnya dari jurusan dengan latar belakang IT, walhasil gw ga boleh balik dulu soalnya ada teknikal tes selanjutnya. Nah loh, mas nya sebelumnya waktu di telpon bilang cuma psikotest :)).

      Karena gw udah browsing2 soal tes rekrutmen PT. Djarum, jadi gw kaget ga kaget bakalan ada tes selanjutnya. Skiiippp sampe waktu tes tiba, kita yang sisa sekitar 10 orang dan akhirnya soal dibagikan. Isi soalnya kaya problem kasus produksi make bahasa Inggris, pilihan ganda. Kalo menurut gw sih soalnya ada soal matematikanya dicampur sama manajemen juga sama ekonomi jg, jadi diposisikan kita sudah masuk ke kantor dan diminta buat keputusan terkait kasus yang ada di soal tersebut.
Suasana Ruangan Test - Tetep ada asbak nya :D

      Skkiiipppp sampe gw selesai ngerjain trus balik, katanya kalo yg lolos bakalan ditelpon dan bakalan masuk ke interview user, kurang lebih semingguan. Selang seminggu belom ada telpon, gw kira ga lolos...eh eh ternyata si mas2 Djarum nelpon gw trus ngundang buat Interview user dikantor Djarum yg berbeda, gw lupa nomer kantornya tapi masih di komplek Djarum jg. Gw psikotest tgl 13 Oktober 2013 dan diundang interview user 24 Oktober 2013. 
     Dengan membawa semangat "Super Fine Clove" gw berangkat naek busway dari blok M buat interview jam 9. Sewaktu di busway HP gw geter2 gemes, dan jeleknya ga gw liat soalnya pikiran positif gw itu yg nelpon si mas2 Djarum buat ingetin ada interview. Skkiiiipppp sampe gw sampe ke kantornya->ke resepsionis-> disuruh tunggu bentar->dan............DAMN....ternyata user nya lagi gabisa dan diundur jadi lusa, ternyata kata resepsionis tadi gw ditelpon gabisa2 T-T. Yasudah gw balik, dan lusa nya ga dateng lagi ke sana, padahal udah ditelponin, tapi emang HP lagi di silent jadi ga keangkat T-T. Dan karena ada jadwal interview ditempat lain yg udah terlanjur gw IYA-kan, kesimpulannya emang gw belom bisa untuk dapet kesempatan kerja disana, "Super Fine Clove" cuma buat dinikmati, bukan mengais rupiah darinya :D.

So, Pencarian atas segenggam ilmu dan sesuap rezeki masih berlanjut. Nantikan kisah2 selanjutnya...wkwkw,,,cuk !

Reaksi:

3 komentar: