Selasa, 06 September 2016

Posco ICT Indonesia - Thx for the Opportunity, mate !

    Mau sedikit cerita soal PT. Posco ICT Indonesia, merupakan branch dari Posco ICT yang ada di Korea Selatan sana, Posco ICT sendiri itu anak perusahaannya POSCO Steel (Posco Subsidiaries). Posco ICT fokus di process automation sama IT Services and Outsourcing, itu yg sejauh ini(sampe 2 Juni 2014) gw liat sudah dan sedang dijalankan Posco ICT di Indonesia (Posco ICT Indonesia).


Di Indonesia sendiri Posco ICT punya proses bisnis yang ga jauh2 hubungannya dengan industri manufaktur baja, Posco ICT punya peran didalam Automation Process & Services dari industri baja tersebut. Posco ICT beroperasi di site/plant milik PT. Krakatau Poco(KP), KP sendiri merupakan perusahaan Joint venture antara POSCO dengan Krakatau Steel (web PT. KP), jadi selama KP tetap berdiri, Posco ICT Indonesia tetep punya proses bisnis yg harus dijalanin, namun ga nutup kemungkinan Posco ICT Indonesia bakalan merambah Automation Process, IT services keluar dari KP, bisa jadi dengan business process yg baru(banking, manufacture, Oil & Gas, Transportation, Hospitality) karena di Korea sana mereka jg punya proses bisnis di industri lain yg jadi sumber penghasilan mereka.

    Gw masuk di akhir desember 2013, dan dapet penempatan di Steel Making Plant PT. KP. Posisi gw pas di kontrak sih sebagai programmer/networking, namun pada perajalanannya bisa gw simpulin kalo gw bertindak sebagai seorang Process Control Engineer / Process Control System / Process Computer/System Engineer atau apapun sebutannya.Perihal jobdesc pekerjaan tersebut, bisa lu googling sendiri.

    Tahapan tes nya ada 1.Interview User orang Korea(Mr.Jin Hwang namanya) doi itu kalo ga salah Part leader untuk Process Computer Team. Inteviewnya bareng sama HRD nya yang berperan juga jadi translator, ternyata orang korsel bahasa Inggrisnya blepotan juga :)). Ditanya bisa OOP ? gw jawab ga jago tapi pernah bisa, bisa C++ ? gw jawab ga jago tapi pernah bisa, interviewnya +/- 45 menit dan sejam kemudian langsung ada pengumuman, dan EH GW LOLOS ke tahap selanjutnya a.k.a tahap 2.Interview HRD manager, ditanya kesiapan kerja di plant, kesiapan lain2 dan lain2 berhubung sudah hampir 3 taun lalu, ane udeh lupa brur.

     Tahap ke 3.Nego Gaji, dan nego nya itu non negotiable bold italic underline. Tahap ke 4.Medical Check Up dan selesai lu berhasil diterima sebagai karyawan PT. Posco ICT Indonesia. Udah ah segitu aja, gw cuma 6 bulan di Posco ICT :)) karena per akhir mei atau awal juni 2014 resminya gw resign, semoga membantu dan mencerahkan buat para job seeker mania.

Nilai Plus Perusahaan :
+Multinational Environment, environment ya bukan company-nya :)), but it's still a very positive experience.
+Ada Bus nganter PP ke shuttle tertentu (ente berangkat sama balik jangan telat, jangan lembur soalnya nanti ditinggal bus).
+Belajar jadi superman, back-end, front-end dev, tech support, crimping, narik kabel, nutupin port USB, update antivirus, backup data angkat kulkas ke lantai 3(make tangga) sampe beli aqua jalan kaki PP at least 3-4 KM disiang hari bolong pun sempet nyobain :p

Gw ga sebut nilai2 negatif nya karena kurang etis, dan terimakasih buat POSCO ICT Indonesia udah pernah ngasih kesempatan buat gw jadi bagian dari keluarga besar mereka. :CHEERS: !

6 komentar:

  1. interview pake bahasa inggris?

    BalasHapus
  2. interview pake bahasa inggris?

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, tahun 2013...tapi ada translatornya yg menerjemahkan kalo kita kurang ngerti.Soalnya bahasa inggris kita juga bakal di translate ke Korea oleh translatornya

      Hapus
  4. Dear : Custumer Import & Domestik
    Kami dari Pt Tunggal Wahana Indah Nusantara mengajukan penawaran kerjasama dalam bidang pengurusan barang Import RESMI & BORONGAN.

    Services Kami,
    Customs Clearance Import sistem Resmi maupun Borongan
    Penanganan secara Door to Door ASIA & EROPA Sea & Air Service
    Penyediaan Legalitas Under-Name (Penyewaan Bendera Perusahaan)
    Pengiriman Domestik antar pulau seluruh Indonesia laut dan Udara atau Darat.

    Berikut Attecment terlampir.

    Terima kasih atas kepercayaan kepada kami, semoga kerjasamanya berjalan dengan lancar.
    Jika ada yang ingin dipertanyakan, silahkan hubungi kami di Nomor Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Whatssapp : 0819-0806-0678 E-Mail : andijm@twin.co.id

    Best Regards,

    Mr. Andi JM
    Hp Whatssapp : 0819-0806-0678 / 0813-8186-4189
    = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = = == = = = =
    PT TUNGGAL WAHANA INDAH NUSANTARA
    Jl. Raya Utan Kayu No.105 B Jakarta Timur 13120 Indonesia
    Phone : +62 21 8498-6182, 8591-7811 Fax : +62 21 8591-7812
    Email : pt.twinlogistics@yahoo.com, andijm@twin.co.id
    Web : www.twinlogistics.co.id, www.twin.co.id

    BalasHapus